USUL KENAIKAN JABATAN/PANGKAT/PENSIUN/BEBAS TUGAS

By | January 5, 2018

USUL KENAIKAN JABATAN/PANGKAT

Mekanisme Pengusulan Penilaian PAK, Kenaikan Jabatan dan Pangkat PNS Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar

Sesuai dengan surat Pembantu Rektor II nomor 9455/UN27/KP/2011 tanggal 17 Oktober 2011 perihal Mekanisme pengusulan PAK, Kenaikan Jabatan dan Pangkat Dosen, berikut ini adalah format dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengusulan tersebut:

  1. Surat edaran nomor 9455/UN27/KP/2011 tanggal 17 Oktober 2011
  2. Lampiran format pengusulan PAK, KP dan Jabatan (21 halaman)

Kelengkapan usul pengangkatan CPNS menjadi PNS

  1. Salinan sah SK CPNS
  2. Salinan sah STTPL Diklat Prajabatan
  3. Asli surat hasil pengujian kesehatan
  4. Salinan sah Penilaian Prestasi Kerja (SKP & Prilaku Kerja)

Kelengkapan pengajuan usul Pensiun dan Pangkat Pengabdian

  1. Surat pengatar usul dari pimpinan unit kerja;
  2. Surat usulan yang bersangkutan;
  3. Salinan Sah keputusan konversi NIP;
  4. Salinan sah KARPEG/KPE;
  5. Salinan sah Surat Keputusan Pengangkatan Pertama sebagai CPNS dan Pegawai Negeri Sipil dengan dilampiri bukti pengalaman kerja yang dimiliki oleh yang bersangkutan, Ijazah terakhir;
  6. Salinan sah SK Jabatan terakhir;
  7. Salinan sah SK Kenaikan Pangkat terakhir;
  8. Salinan sah SPTKG Gaji terakhir;
  9. Daftar susunan keluarga yang dilampiri dengan salinan sah surat nikah dan surat keterangan kelahiran anak-anak kandung yang bersangkutan (Anak berusia kurang dari 25 tahun yang masih dalam tanggungan);
  10. Alamat/tempat tinggal yang bersangkutan setelah pensiun lengkap dengan Dusun, RT/RW dan Kode pos;
  11. Pas foto terbaru berukuran 3 x 4 cm (berwarna) sebanyak 7 (tujuh) lembar;
  12. Salinan sah Penilaian Prestasi Kerja tahun terakhir;
  13. Surat pernyataan tidak dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  14. Formulir permintaan pembayaran dari PT TASPEN;
  15. Salinan KTP, KK, NPWP dan Buku Rekening Bank;
  16. Mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi;
  17. Surat Keterangan Peninjauan Masa Kerja (PMK)

Masing-masing berkas terlampir dilegalisir oleh pejabat berwenang dan dibuat dalam rangkap 3 (tiga) set.

Perlu kami sampaikan bahwa, untuk usul Pensiun/Pangkat Pengabdian Gol. IV/a kebawah harus disertakan Scan File seluruh syarat tersebut, sesuai Surat Edaran Biro SDM Kemenristekdikti Nomor 2016/A2/SE/2018, tanggal 04-01-2018

Blanko Pensiun : 

  1. DPCP
  2. Daftar Susunan Keluarga
  3. Format Surat Pernyataan Tidak Pernah Dijatuhi Hukuman Disiplin Sedang/Berat
  4. Form Permintaan Pembeyaran Pensiun (ke PT Taspen)
  5. Format Surat Permohonan dari ybs
  6. Format Surat keterangan alamat terakhir setelah pensiun
  7. Format Usul Pensiun dari Unit Kerja

Alur Pengurusan Pensiun Pegawai Negeri Sipil dapat diunduh di >> Alur Pengurusan Pensiun PNS

Jenis dan Perhitungan Masa Kerja PNS

Kelengkapan pengajuan usul Pensiun Janda/Duda karena meninggal dunia

  1. Data Perorangan Calon Penerima Pensiun (DPCP) yang ditandatangani oleh isteri/suami/anak/orang tua.
  2. Salinan/fotocopy sah surat keputusan pengangkatan pertama sebagai CPNS/PNS.
  3. Salinan/fotocopy sah surat keputusan kenaikan pangkat terakhir.
  4. Surat keterangan kematian dari kepala kelurahan/desa/camat.
  5. Daftar susunan keluarga.
  6. Akta / surat nikah.
  7. Akta kelahiran anak-anaknya.
  8. Surat keterangan janda/duda dari kepala kelurahan/desa/camat.
  9. Alamat sebelum dan sesudah pensiun sesuai KTP yang berlaku.
  10. Pas photo suami/isteri dari PNS yang meninggal dunia ukuran 4×6 cm sebanyak 5 lembar. Apabila suami/isteri dari PNS juga sudah meninggal namun masih mempunyai anak yang berhak menerima pensiun, maka dilampirkan pas photo anak tersebut.
  11. Salinan/fotocopy sah Surat Keputusan Peninjauan Masa Kerja jika pernah bekerja sebelum diangkat sebagai CPNS.
  12. Apabila PNS tersebut memenuhi syarat untuk diberikan kenaikan pangkat pengabdian, maka dilengkapi dengan melampirkan :
  • Penilaian Prestasi Kerja tahun terakhir
  • Surat Pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat berat atau sedang dalam 1 (satu) tahun terakhir.

Kelengkapan pengajuan usul Pensiun Janda/Duda karena Tewas

  1. Data Perorangan Calon Penerima Pensiun (DPCP) yang ditandatangani oleh isteri/suami/anak/orang tua.
  2. Surat keterangan janda/duda dari kepala kelurahan/desa.
  3. Daftar susunan keluarga.
  4. Akta / surat nikah.
  5. Akta kelahiran anak-anaknya.
  6. Alamat sebelum dan sesudah pensiun.
  7. Pas photo suami/isteri dari PNS yang tewas ukuran 4×6 cm sebanyak 5 lembar. Apabila suami/isteri dari PNS yang tewas juga sudah meninggal namun masih mempunyai anak yang berhak menerima pensiun maka dilampirkan pas photo anak tersebut.
  8. Surat Keputusan sementara dari pejabat yang berwenang tentang tewasnya PNS yang bersangkutan.
  9. Laporan dari pimpinan unit kerjanya tentang peristiwa yang mengakibatkan PNS tersebut tewas.
  10. Surat keterangan kronologi kejadian dari pejabat yang berwenang hingga PNS tersebut tewas.
  11. Visum et Repertum dari dokter Rumah Sakit.

Kelengkapan pengajuan usul Bebas Tugas/Masa Persiapan Pensiun

Pegawai negeri sipil yang akan mencapai batas usia pensiun dapat dibebaskan dari jabatannya untuk paling lama 1 (satu) tahun, dengan mengajukan usulan kepada Pimpinan Universitas (Rektor) paling lambat 1 (satu) tahun sebelum mencapai batas usia pensiun

Persyaratan administrasi yang harus dilengkapi (dalam rangkap 2):

  1. Permohonan bebas tugas yang bersangkutan kepada Rektor yang diketahui pimpinan unit kerja
  2. Fotokopi sah SK CPNS
  3. Fotokopi sah SK PNS
  4. Fotokopi sah SK Pangkat terakhir
  5. Fotokopi sah kartu pegawai
  6. Fotokopi KGB terakhir
  7. DP3/Penilaian Prestasi Kerja 2 tahun terakhir

kelengkapan tersebut di atas disampaikan kepada Rektor tembusan Bagian Kepegawaian dengan surat pengantar Pimpinan Unit Kerja

Kelengkapan pengajuan usul Kenaikan Pangkat Reguler/Fungsional Tertentu Non-Dosen

  1. Salinan sah Karpeg, KPE, dan Konversi NIP baru
  2. Salinan sah SK CPNS dan SK PNS
  3. Salinan sah SK KP terakhir
  4. Salinan sah DP3/PPK 2 tahun terakhir (setiap unsur minimal baik)
  5. Salinan sah Ijazah terakhir
  6. Salinan sah STTPL ujian dinas (bagi PNS gol.II/d)
  7. Salinan sah STTPL Diklat Kepemimpinan, SK Pengangkatan dalam jabatan, BA sumpah jabatan, Surat pernyataan pelantikan, SPMT dan menduduki jabatan (bagi PNS yang menjabat struktural)
  8. Salinan SK Jabatan Fungsional/PAK terakhir (bagi PNS yang menjabat fungsional tertentu)
  9. Salinan sah surat alih tugas (apabila ada)

Keterangan: meskipun sudah terbit Kartu Pegawai Elektronik (KPE), untuk Kartu Pegawai yang lama (Karpeg) masih menjadi syarat pengajuan usul mutasi pegawai

Kelengkapan pengajuan usul Kenaikan Jabatan Fungsional Tertertu Non-Dosen

  1. Salinan sah SK Jabatan dan PAK terakhir (kecuali untuk pengangkatan pertama)
  2. DUPAK
  3. Salinan sah SK Pangkat terakhir
  4. Salinan sah Ijazah terakhir
  5. Surat Pernyataan telah dan masih melaksanakan tugas di bidang tugas jabatan fungsional tersebut (khusus untuk pengangkatan pertama)
  6. Salinan sah DP3/Penilaian Prestasi kerja tahun terakhir
  7. Salinan sertifikat yang relevan