_Serdos

* SERDOS TAHAP III TAHUN 2016

* SERDOS TAHAP II TAHUN 2016

DATA D3 Serdos Gelombang 2016-2

  1. buku_i_naskah_akademik_tahun_2016
  2. buku_ii_penilaian_portofolio_tahun_2016
  3. buku_iii_pob_tatalaksana_serdos_tahun_2016

Jadwal Tes TOEP dan TKDA UNS 2016-1

Untuk mendaftar akses laman : https://member.plti.co.id Universitas Sebelas Meret Melaksanakan Ujian TOEP dan TKDA SESI 1 pada tanggal 1 Juni 2016 Lokasi UPT PUSKOM UNS jadwal tkda jadwal toep

Panduan Pendaftaran, Pemilihan Jenis Tes & Lokasi Tes, dan Pembayaran Tes di PLTI Tahun 2016

Konversi Skor dan Nilai Gabungan

Sertifikasi Dosen tahun 2016

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan data dosen tidak muncul pada daftar di bawah ini, antara lain:

  1. Berdasarkan data dosen yang ada di PDPT, ybs belum memenuhi syarat untuk mengikuti Serdos.
  2. Tidak ditemukannya file SK Pangkat/Inpassing di PDPT. File-file dosen dapat dilihat melalui menu daftar dosen (pada detail dosen, tab File Dosen).
  3. Ybs. sudah tercatat mengikuti serdos 2013.
  4. Ybs. sudah tercatat dalam daftar Riwayat Sertifikasi. dapat dilihat melalui menu daftar dosen (pada detail dosen, tab Riwayat Sertifikasi).

Dosen peserta sertifikasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2 / setara dari Program Studi Pasca Sarjana yang terakreditasi
  2. Dosen tetap di Perguruan Tinggi Negeri atau Dosen DPK di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat atau dosen tetap yayasan di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat yang telah mendapatkan Surat Keputusan Inpassing dari pejabat berwenang yang diberi kuasa oleh Mendiknas (pasal 4 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2008)
  3. Telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun di Perguruan Tinggi tempat dosen bekerja sebagai dosen tetap
  4. Memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli
  5. Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) SKS pada setiap semester di perguruan tinggi di mana ia bekerja sebagai dosen tetap. Tugas tambahan dosen sebagai unsur pimpinan di lingkungan perguruan tinggi diperhitungkan SKS-nya sesuai aturan yang berlaku. Dosen yang telah selesai mengikuti tugas belajar dapat diikutkan sertifikasi apabila :
    • Telah dikembalikan secara resmi oleh institusi tempat belajar
    • Telah diberi tugas mengajar oleh Ketua Jurusan atau yang berwenang memberi tugas mengajar
    • Telah Aktif mengajar paling tidak 5 (lima) kali pada kelompok yang sama yang akan dimintai menilai kinerjanya sesuai instrumen persepsional mahasiswa
  6. Dosen yang belum memiliki kualifikasi akademik magister (S2) / setara dapat mengikuti sertifikasi apabila :
    • Mencapai usia 60 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 30 tahun sebagai dosen, atau memiliki jabatan akademik lektor kepala dengan golongan IV/C
    • Memiliki kriteria sesuai dengan butir 2 sd 5 di atas.
  7. Dosen yang mendapatkan izin belajar dari pimpinan Perguruan Tinggi atas biaya sendiri serta tidak meninggalkan tugas pokok sebagai dosen


Dosen yang tidak diperbolehkan mengikuti sertifikasi dosen adalah :

  1. Dosen tetap yayasan yang juga berstatus sebagai guru tetap yayasan dan telah mendapat sertifikasi pendidikan untuk guru
  2. Dosen tetap yayasan yang juga memiliki status kepegawaian sebagai PNS atau pegawai tetap di lembaga lain
  3. Dosen calon peserta sertifikasi yang sedang menjalani hukuman administrasi sedang atau berat menurut peraturan perundang-undangan / peraturan yang berlaku
  4. Dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar
  5. Dosen yang tidak lulus pada sertifikasi tahun 2011

Sertifikasi Dosen tahun 2015

[PENTING DAN BARU] Surat Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti nomor 1740/E4.3/2015 tanggal 23 September 2015 mengenai Jadwal Pelaksanaan Serdos tahun 2015 tahap II

Materi Sosialisasi Asesor Sertifikasi Dosen tahun 2015:

Materi Sosialisasi Asesor sebagai berikut: 1. Penjelasan umum mengenai Penilaian Serdos tahun 2015 2. Penjelasan penilaian karya ilmiah 3. Penjelasan penilaian Pekerti/AA (bagian 1) dan (bagian 2) Tambahan materi Ketua PSD UNS: penjelasan umum penilaian Serdos 2015

Pelaksanaan Sertifikasi Dosen tahun 2015:

1. Surat Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti nomor 1740/E4.3/2015 tanggal 23 September 2015 mengenai Jadwal Pelaksanaan Serdos tahun 2015 tahap II Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti nomor 918/E4.3/2015 tanggal 3 Juni 2015 mengenai Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Dosen tahun 2015 Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti nomor 481/E4.3/2015 tanggal 17 Maret 2015 (Gelombang I) 2. Buku I – Naskah Akademik 3. Buku II – Penilaian Portofolio 4. Buku III – Prosedur Operasional Baku Pelaksanaan Sertifikasi Dosen tahun 2015 Buku I, II dan III bisa diunduh melalui laman ini Materi Sosialisasi Serdos tahun 2015 (PowerPoint dan PDF file) 1. Paparan Buku 1 2. Paparan Buku 2 3. Paparan Buku 3 4. Pembaruan dalam aplikasi Serdos 5. Tutorial untuk dosen yang disertifikasi 6. Tutorial untuk asesor penilai 7. Penjelasan penggantian Pekerti/AA untuk tes TOEP/TKDA Formulir Kesediaan sebagai peserta Serdos 1. Formulir Tips menyusun Deskripsi Diri 1. Materi Prof. Joko Nurkamto (Ketua Panitia Serdos UNS) 2. Materi Prof. Joko Kustono (Ketua Tim BKD Dikti, Tim Penyusun Buku Panduan Serdos)

Pekerti/AA

Terkait Sertifikat Pekerti/AA, bisa langsung menghubungi koordinator pelatihan Pekerti/AA di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Bagi Bapak/Ibu calon peserta Serdos tahun 2015 yang bermasalah dengan Sertifikat Pekerti/AA bisa hadir pada: Hari, tanggal: Jum’at, 12 Juni 2015 Waktu: pukul 08.30 – selesai Tempat: Ruang sidang lantai 3 LPPM/LPPMP UNS  

Pelaksanaan Tes TOEP dan TKDA

CALL CENTER PLTI Apabila ada pertanyaan mengenai pelaksanaan tes TOEP dan TKDA, bisa langsung menghubungi Call Center PLTI: Telkomsel: 0813 2765 2608 XL: 0878 3992 5013 Indosat: 0857 1231 5913, 0857 1231 5914   Sesuai surat dari Direktur Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), jadwal pelaksanaan tes TOEP dan TKDA diundur menjadi sebagai berikut: 1. Pembuatan akun peserta tes (pendaftaran), tanggal 4 – 20 Juni 2015; 2. Pemilihan jenis tes dan lokasi tes, pembayaran dan verifikasi, tanggal 18 – 22 Juni 2015; 3. Pelaksanaan tes, antara tanggal 24 Juni – 5 Juli 2015. Sehubungan dengan hal tersebut, calon peserta Sertifikasi Dosen UNS tahun 2015 mohon untuk melakukan hal sebagai berikut: 1. Mendaftar melalui web PLTI disini. Pilih “Daftar Sekarang” Jika sudah selesai pendaftaran, lengkapi profil pada laman Profil Member PLTI, termasuk foto. Batas waktu pendaftaran ini maksimal tanggal 20 Juni 2015 2. Antara tanggal 18 – 22 Juni 2015, akan muncul menu pemilihan jenis tes dan lokasi tes. Untuk setiap jenis tes (TOEP dan/atau TKDA), peserta akan diberi kode pembayaran yang harus dibayar melalui Bank Mandiri. Setelah pembayaran, peserta akan mendapatkan kode verifikasi dari Bank Mandiri yang diinput kembali melalui Member PLTI 3. Setelah melengkapi verifikasi, peserta bisa mencetak Kartu Tanda Peserta Tes (KTPT) melalui sistem. KTPT wajib dibawa pada saat tes UNS menyelenggarakan tes TOEP dan TKDA di UPT Pusat Komputer.

Mekanisme pembayaran tes TOEP dan TKDA

[PENTING] Tanggal yang tertulis disini sudah mengalami perubahan. Mohon melihat langsung di web PLTI. DOWNLOAD PANDUAN PENDAFTARAN DOWNLOAD PANDUAN PEMILIHAN JENIS TES, LOKASI DAN WAKTU TES DOWNLOAD PANDUAN PEMBAYARAN [PENDAFTARAN, TANGGAL 4 s.d. 20 JUNI 2015] 1. Buka member.plti.co.id, buat akun di website tersebut dengan mengklik daftar sekarang :

  • Username, gunakan nama yang mudah di ingat boleh campuran karakter dan numerik, jangan mengunakan tanda spasi, bila tidak bisa berarti username sudah dipakai oleh orang lain dan silahkan cari username yang lain.
  • Email, gunakan email yang masih aktif dan tidak lupa password, bila perlu buat email yang baru karena akan ada konfirmasi ke email sebagai bukti pendaftaran berhasil
  • Password, gunakan password yang mudah di ingat boleh pencampuran antara karakter dan numerik, bila perlu catat password tesebut dan bawa saat pelaksanaan tes, karena pada saat pengerjaan Tes harus mengunakan username dan password yang di buat pada waktu pendaftaran.

2. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, buka kembali member.plti.co.id selanjutnya masukan username dan password saat pendaftaran, kemudian klik Login, di sana para peserta diwajibkan mengisi Profile yang akan berisi biodata peserta. Isikan dengan data yang sebenarnya dan tidak boleh keliru dalam pengisian data terutama untuk pengisian NIDN, untuk meng-upload foto di harapkan meng-upload foto yang formal (ukuran 4×6 ) dengan back ground (merah: pria , biru: wanita) dan ukuran di bawah 500kb. [PEMBAYARAN DAN VERIFIKASI, TANGGAL 19 s.d. 23 JUNI 2015] 3. Selanjutnya setelah berhasil mengisikan Profile, pilih menu PILIH TES, pilih masing-masing test yang akan di ambil di pilihan tertera TKDA dan TOEP, bila ingin mengambil kedua tes isi pilhan tempat tes untuk kedua kategori tersebut. Pilihan tempat tes sebagai berikut :

  • Pilih Periode Tes : Pilih SERDOS DAN NIDN JUNI – JULI 2015
  • Pilih PLT : isikan tempat test, pilih Universitas Sebelas Maret (bila ingin memilih tempat test di UNS yang lokasinya di Lantai 2 UPT Pusat Komputer UNS)
  • Setelah memilih tempat tes akan muncul waktu pelaksanaan tes (SESI), dimana peserta boleh menyesuaikan waktu untuk mengikuti tes dengan syarat kuota peserta belum penuh pada sesi tersebut.

4. Selanjutnya pilih menu RIWAYAT TEST, dalam riwayat test ada dua menu pilihan TKDA dan TOEP, 5. Di menu tersebut nama peserta akan tercantum untuk mengikuti tes dengan keterangan tempat tes (PLT), Lokasi (Lokasi tempat tes), Waktu (Sesi), Waktu Tes (waktu dilaksankannya tes) dan selanjutnya klik KODE PEMBAYARAN kemudian catat/print kode pembayaran tersebut CATATAN: Untuk kode pembayaran atas test TOEP dan TKDA berbeda jadi akan ada dua kode yang harus di bawa ke bank dan peserta akan mendapatkan dua kode verifikasi (Bila peserta mengikuti kedua tes tersebut ) 6. Membayar ke BANK MANDIRI dimana nanti di Bank Mandiri akan di tukar dengan KODE VERIFIKASI (bisa melalui ATM, Teller/Cash, Internet Banking, SMS banking) 7. Kode verifikasi dari BANK MANDIRI dimasukan kembali di menu RIWAYAT TES (setelah memasukan kode verifikasi klik tombol VERIFIKASI PEMBAYARAN) 8. Setelah berhasil dalam verifikasi pembayaran selanjutnya CETAK KARTU PESERTA untuk nanti di bawa saat pelaksanaan tes.

Sertifikasi Dosen tahun 2014

Sehubungan adanya laporan dari Perguruan Tinggi Pengusul (PTU), dengan ini diberitahukan bahwa Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi (PTPS) dalam proses penilaian sampai pencetakan sertifikat dilakukan melalui sistem serdos.dikti.go.id dan tidak meminta dokumen apapun terkait sertifikasi dosen (serdos). Hal-hal terkait serdos dapat disampaikan ke Sekretariatan serdos UNS (dhi. Bagian Kepegawaian UNS) telp. 0271-646994 ext. 337 atau melalui email peg_uns@yahoo.co.id. Serdos Gelombang III Serdos Gelombang III hingga hari ini Senin, 13 Oktober 2014 belum ada pemberitahuan jadwal pelaksanaan karena sistem Forlap Dikti masih dalam perbaikan Berita bisa dilihat di web Serdos Sedangkan untuk tes TOEP TKDA segera mendaftar ke laman PLTI melalui link pendaftaran dan melihat tata cara pendaftaran di sini Pendaftaran berlangsung tanggal 13-15 Oktober 2014 UNS pada gelombang III Serdos belum bisa menyelenggarakan tes TOEP dan TKDA, sehingga dosen yang akan disertifikasi diharapkan memilih tempat tes terdekat. Surat pemberitahuan mengenai hal tersebut bisa diunduh di sini   Materi untuk peserta Serdos Naskah Akademik dan Prosedur Operasional Baku Sertifikasi Dosen tahun 2014 Dokumen berikut terkait tata cara pelaksanaan sertifikasi dosen: 1. Buku I – Naskah Akademik 2. Buku II – Penilaian Portofolio 3. Buku III – Prosedur Operasional Baku 4. Lampiran Buku III Formulir Kesediaan sebagai peserta Serdos 1. Formulir Tips menyusun Deskripsi Diri 1. Materi Prof. Joko Nurkamto (Ketua Panitia Serdos UNS) 2. Materi Prof. Joko Kustono (Ketua Tim BKD Dikti, Tim Penyusun Buku Panduan Serdos) Sosialisasi Sertifikasi Dosen Dokumen berikut terkait sosialisasi sistem sertifikasi dosen online yang diperbarui: 1. Aspek pembaruan Serdos 2. Buku 1 (powerpoint) 3. Buku 2 (powerpoint) 4. Buku 3 (powerpoint) 5. Pembaharuan Serdos Untuk calon peserta Sertifikasi Dosen, silakan menyimak tutorial tes Bahasa Inggris online (TOEP) dan tes potensi akademik (TPA) sebagai berikut: 1. Video tutorial tes online (harap menginstal quick time player sebelumnya) 2. Sample tes bahasa inggris (harap memperbarui adobe flash player sebelumnya) 3. Sample tes potensi akademik   Gelombang II Edaran Sertifikasi Dosen tahun 2014 gelombang 2 bisa diunduh di sini Jadwal sesuai surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti: 1. Verifikasi Data D3                                                               : 19 – 30 Juni 2014 2. Penetapan Data D4                                                            : 1 Juli 2014 3. Tes TOEP dan TKDA                                                         : bisa dilihat melalui laman PLTI 4. Penyusunan Portofolio dan Validasi Deskripsi Diri   : 1 – 11 Juli 2014 5. Penilaian portofolio oleh PTPS                                        : 14 – 25 Juli 2014 6. Pengumuman                                                                      : 9 Agustus 2014 [PENTING..!] Sesuai pengumuman di laman Serdos, jadwal verifikasi Data D3 dan jadwal penyusunan portofolio Serdos diundur.

_____________________________________________________

Untuk Staf IT Serdos Fakultas Mohon kepada Staf IT Serdos untuk mengecek dosen eligible melalui laman FORLAP pada menu PENTING sebagai berikut: 1. Diktendik – Manajemen Serdos: dosen yang eligible namun statusnya “belum valid” silakan upload SK di menu “Diktendik – Update SK Pangkat” jika ada dosen yang belum masuk eligible, silakan memperbarui melalui “Perubahan Data Dosen” 2. Diktendik – Perubahan Data Dosen: jika perubahan data sudah disetujui, silakan upload SK Kenaikan pangkat melalui “Diktendik – Update SK Pangkat” 3. Diktendik – Update SK Pangkat Alur dosen supaya bisa diusulkan Serdos: Data sudah update (minimal Asisten Ahli, 2 tahun masa kerja, S2, aktif mengajar) -> Eligible -> Validasi SK Pangkat ->  Masuk Data D1 -> Data D3 -> Diusulkan oleh Universitas (PTU) -> Ikut Serdos (Data D4)

_____________________________________________________

Sertifikasi Dosen tahun 2013

Edaran terkait Serdos tahun 2013 gelombang II 1. Edaran mengenai tes Online TOEP dan TKDA 2. Edaran mengenai tes TOEP dan TKDA tahap II 3. Edaran mengenai jadwal Data D1, Data D3, Pendaftaran TOEP dan TKDA tahap II, Data D4 dan Serdos Gelombang II 4. Edaran mengenai plagiarisme dalam Serdos Gelombang I (27 September 2013) Naskah Akademik dan Prosedur Operasional Baku Sertifikasi Dosen tahun 2013 Dokumen berikut terkait tata cara pelaksanaan sertifikasi dosen: 1. Buku I – Naskah Akademik 2. Buku II – Penilaian Portofolio 3. Buku III – Prosedur Operasional Baku 4. Lampiran Buku III (26 September 2013) Panduan pendaftaran Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik –> klik disini Sesuai surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor 1588/E4.3/2013 tanggal 24 September 2013, pendaftaran tes tersebut dilakukan paling lambat tanggal 30 September 2013 Catatan: 1. Staf IT mohon mencetak akun (username dan password) dan membagikan kepada DYS yang diusulkan 2. DYS (dosen yang disertifikasi) mohon menghubungi Staf IT Serdos Fakultas masing-masing dan menyiapkan pasfoto ukuran 4×6, pria background merah, wanita background biru ukuran maks 250 kB dan selanjutnya mendaftar melalui https://pti.dikti.go.id/pendaftaran/ —————————————————————————————————————————————————————- Untuk calon peserta Sertifikasi Dosen, silakan menyimak tutorial tes Bahasa Inggris online (TOEP) dan tes potensi akademik (TPA) sebagai berikut: 1. Video tutorial tes online (harap menginstal quick time player sebelumnya) 2. Sample tes bahasa inggris (harap memperbarui adobe flash player sebelumnya) 3. Sample tes potensi akademik Software yang diperlukan dalam tes online serdos (diinstal di laboratorium tes online, dalam hal ini tes di UNS dilakukan di laboratorium CBT Fakultas Kedokteran: 1. OpenKiosk; 2. SEB; 3. plugin Adobe Flash Player (diperlukan agar flash player di OpenKiosk bisa berjalan); 4. dotNET versi 4.5 (diperlukan untuk instalasi SEB) 5. Quick time installer Formulir Kesediaan sebagai peserta Serdos 1. Formulir Tips menyusun Deskripsi Diri 1. Materi Prof. Joko Nurkamto Sosialisasi Sertifikasi Dosen tahun 2013 Dokumen berikut terkait sosialisasi sistem sertifikasi dosen online yang diperbarui: 1. Aspek pembaruan Serdos 2013 2. Buku 1 (powerpoint) 3. Buku 2 (powerpoint) 4. Buku 3 (powerpoint) 5. Pembaharuan Serdos Materi Sosialisasi Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik Online untuk pelaksanaan Serdos tahun 2013: 1. Presentasi Test of English Proficiency oleh Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. (pdf dan powerpoint-revisi); 2. Standard Operational Procedure pelaksanaan tes Bahasa Inggris dan TPA; Regulasi Sertifikasi Dosen tahun 2013 Berikut ini peraturan terkait pelaksanaan sertifikasi dosen tahun 2013: 1. Permendiknas No 17 Th 2010 2. Permendiknas No 48 Th 2009 3. Permendiknas No. 20 Th 2008 4. PP No 37 Th 2009 5. PP No 41 Th 2009 6.PP No 60 Th 2009 7. UU No 14 Th 2005 8. UU No 20 Th 2003

_____________________________________________________

Sertifikasi Dosen tahun 2012

Sertifikasi Dosen adalah proses pemberian Sertifikat Pendidik kepada para dosen di Perguruan Tinggi. Program ini merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional dan upaya memperbaiki kesejahteraan hidup dosen dengan mendorong para dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi merupakan bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional jenjang pendidikan tinggi. Dasar Hukum Penyelenggaraan Sertifikasi Dosen berdasarkan pada : (1) Undang-undang No 20/2003 tentang Sisdiknas; (2) Undang-undang No 14/2005 tentang Guru dan Dosen; (3) PP No 60/1999 tentang Pendidikan Tinggi; (4) PP No 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (5) PP Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, (6) PP Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor, (7) Permendiknas No 47/2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen, (8) Kepmendiknas No 108/P/2009 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Pendidikn untuk Dosen, (9) SK Menkowasbangpan No 38/1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Nilai Angka Kreditnya, (10) Permendiknas Nomor 9 Tahun 2008 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang menduduki Jabatan Guru Besar/Profesor dan Pengangkatan Guru Besar Emeritus.   Tujuan Program sertifikasi dosen bertujuan untuk menilai profesionalisme dosen, guna meningkatkan mutu pendidikan dalam sistem pendidikan tinggi. Pengakuan profesionalisme dinyatakan dalam bentuk pemberian sertifikat. Hasil yang diharapkan Menjaring Dosen yang berkompeten untuk melaksanakan tugasnya secara profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang diperlukan dalam praktek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kompetensi dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana yang ditunjukkan dalam kegiatan profesional dosen. Asesor dan NIRA Sertifikasi Dosen Tahun 2012 Daftar Nama dan NIRA Asesor Sertifikasi Dosen Tahun 2012 dapat di unduh di sini Sertifikasi Dosen Tahun 2012 Berdasarkan Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Nomor 1265/E4.3/2012 tanggal 24 April 2012, pelaksanaan Sertifikasi Dosen tahun 2012 gelombang I akan dijadwalkan sebagai berikut: 1. PTU/Kopertis melakukan verifikasi data D3 dari tanggal 24 April sd 4 Mei 20 I? pukuJ 23:59 WlB ; 2. PTPS melakukan verifikasi data asesor dari tanggal 1 sd 5 Mei 20 I7.; 3. Ditjen Dikti menerapkan data D4 dan Akun unruk DYS dari tanggal 5 sd 6 Mei 20 12; 4. DYS mclakukan pengisian dan validasi Deskripsi Diri, dari tanggal 7 sd 18 Mei 20 I 2 puku12 3:59 WlB; 5. PTU melakukan proses penyusunan portofolio dan validasi Portofo lio DYS serta mendistribusikan Akun dari tanggal 7 sd 18 Mei 20 I 2 pukul 23:59 WIB. Kami beritahukan juga sesuai Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Nomor 1273/E4.3/2012, bahwa: 1. Deskripsi Diri adalah Deskripsi Diri seorang dosen yang bersifat unik. 2. Pengisian Deskripsi Diri harus dilakukan oleh dosen yang bersangkutan (tidak oleh pihak lain). 3. Hasil penelitian pada 10 Perguruan Tinggi dalam rangka uji coba pengisian Deskripsi Diri menunjukkan bahwa Deskripsi Diri yang diisi oleh dosen secara mandiri rata-rata memiliki kemiripan sekitar 17%, jauh di bawah kemiripan minimal 50% yang digunakan oleh Ditjen Dikti. 4. Perguruan Tinggi/Kopertis supaya mencegah terjadinya copy-paste atau plagiarisme di dalam penyusunan Deskripsi Diri dengan cara mengkondisikan dosen agar menyusun Deskripsi Dirinya sendiri. 5. Ditjen Dikti memandang fasilitasi perangkat anti plagiat kepada masing-masing PTU/Kopertis tidak efektif karena terbatasnya data dasar Deskripsi Diri di masing-masing PTU/Kopertis. Regulasi Sertifikasi Dosen tahun 2012 Berikut ini peraturan terkait pelaksanaan sertifikasi dosen tahun 2012: 1. Permendiknas No 17 Th 2010 2. Permendiknas No 48 Th 2009 3. Permendiknas No. 20 Th 2008 4. PP No 37 Th 2009 5. PP No 41 Th 2009 6.PP No 60 Th 2009 7. UU No 14 Th 2005 8. UU No 20 Th 2003 Sosialisasi Sertifikasi Dosen tahun 2012 Dokumen berikut terkait sosialisasi sistem sertifikasi dosen online yang diperbarui: 1. Pemantapan sistem 2. Pedoman sertifikasi pendidik 3. Penyusunan portofolio 4. Prosedur operasional baku 5. Pembaharuan sistem online Naskah Akademik dan Prosedur Operasional Baku Sertifikasi Dosen tahun 2012 Dokumen berikut terkait tata cara pelaksanaan sertifikasi dosen: 1. Naskah akademik (buku 1) 2. Penilaian portofolio (buku 2) 3. POB tatalaksana serdos terintegrasi (buku 3) 4. POP tatalaksana serdos terintegrasi (lanjutan buku 3) Formulir Kesediaan sebagai peserta Serdos 1. Formulir Tips menyusun Deskripsi Diri 1. Materi Prof. Joko Nurkamto ______________________________________________________________________________________

Sertifikasi Dosen 2008 – 2011

Sertifikasi Dosen adalah proses pemberian Sertifikat Pendidik kepada para dosen di Perguruan Tinggi. Program ini merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan nasional dan upaya memperbaiki kesejahteraan hidup dosen dengan mendorong para dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi merupakan bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional jenjang pendidikan tinggi. Dasar Hukum Penyelenggaraan Sertifikasi Dosen berdasarkan pada :  (1) Undang-undang No 20/2003 tentang Sisdiknas; (2) Undang-undang No 14/2005 tentang Guru dan Dosen; (3) PP No 60/1999 tentang Pendidikan Tinggi; (4) PP No 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (5) PP Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, (6) PP Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor, (7) Permendiknas No 47/2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen, (8) Kepmendiknas No 108/P/2009 tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Pendidikn untuk Dosen, (9) SK Menkowasbangpan No 38/1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Nilai Angka Kreditnya, (10) Permendiknas Nomor 9 Tahun 2008 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang menduduki Jabatan Guru Besar/Profesor dan Pengangkatan Guru Besar Emeritus.   Tujuan Program sertifikasi dosen bertujuan untuk menilai profesionalisme dosen, guna meningkatkan mutu pendidikan dalam sistem pendidikan tinggi. Pengakuan profesionalisme dinyatakan dalam bentuk pemberian sertifikat. Hasil yang diharapkan Menjaring Dosen yang berkompeten untuk melaksanakan tugasnya secara profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang diperlukan dalam praktek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kompetensi dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana yang ditunjukkan dalam kegiatan profesional dosen. Asesor dan NIRA Sertifikasi Dosen Tahun 2011 Daftar Nama dan NIRA Asesor Sertifikasi Dosen Tahun 2011 dapat di unduh di sini Sertifikasi Dosen Tahun 2011 Berdasarkan Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor 284/D4.3/2011 tanggal 16 Februari 2011 perihal Verifikasi dan Perbaikan Data Sertifikasi Dosen dan menindaklanjuti Surat Pembantu Rektor II nomor 1949/H27/KP/2011 tanggal 25 Februari 2011, diberitahukan bahwa mulai tahun 2011 proses Sertifikasi Dosen dilaksanakan secara online. Sehubungan dengan hal tersebut, dimohon untuk melakukan pemeriksaan, verifikasi dan perbaikan data tentatif dosen yang memenuhi syarat untuk proses Sertifikasi Dosen berdasarkan data dosen dari pangkalan data Ditjen Dikti Kemdiknas (Data EPSBED) dengan mengoptimalkan fungsi operator Evaluasi /operator EPSBED yang ada, baik di tingkat Fakultas maupun Universitas. Dasar hukum dan data/lampiran terkait proses Serdos online tahun 2011

  1. Surat Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan nomor 284/D4.3/2011
  2. Surat Pembantu Rektor II nomor 1949/H27/KP/2011
  3. Form Verifikasi Data Dosen
  4. Daftar Nama dan Kode Rumpun Ilmu

Sosialisasi dan Penyamaan Persepsi Pelaksanaan Serdos Tahun 2011 Dalam rangka pelaksanaan Serdos tahun 2011 secara online, Rektor UNS mengundang para calon peserta Serdos 2011, para Asesor, Dekan/Pembantu Dekan Fakultas, Ketua Jurusan/Bagian/Prodi dan Staf IT Serdos untuk menghadiri Sosialisasi dan Penyamaan Persepsi Pelaksanaan Serdos tahun 2011 yang akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2011 mulai pukul 08.00 WIB bertempat di Auditorimum Kantor Pusat UNS. Bagi calon peserta Serdos dan staf IT dimohon membawa Laptop untuk simulasi. Sebagai persiapan awal dan sambil menunggu penetapan peserta Serdos 2011 dari Dirjen Dikti, para calon peserta Serdos 2011, penilai portofolio dan PSD diminta untuk mempersiapkan pelaksanaan Serdos 2011 sebagaimana disampaikan dalam Surat Rektor UNS nomor 5529/UN27/KP/2011 dan berpedoman pada Panduan Serdos yang dapat diunduh di bawah ini :

  1. Buku I, Buku II, Buku III, Lampiran Buku III
  2. Pembaharuan Sistem Serdos
  3. PBO Serdos Integratif
  4. Panduan Peserta Hal.1-5, Hal.6-11, Hal.12-17, Hal.18-23 (Format .pdf)
  5. Panduan Penilai Persepsional, Asesor, PTU, PTPS (Format .pdf)
  6. Panduan Peserta, Penilai Persepsional, Asesor, PTU, PTPS (Format .ppt)
  7. Format Lampiran P.I-P.V, Format CV

Untuk Video demo tidak dapat kami upload karena ukuran file yang terlalu besar tetapi file dapat dicopy di Fakultas masing-masing atau ke Sekretariatan PSD/ Bagian Kepegawaian UNS. Serah Terima Akun dan Tindak Lanjut Proses  Serdos Online Tahun 2011 Bertempat di Gedung Ungu FKIP, tanggal 11 Juli 2011 telah dilaksanakan serah terima akun DYS dan penilai persepsional serdos 2011 oleh Pembantu Rektor I kepada Pembantu Dekan I Fakultas di lingkungan UNS, dan untuk memperlancar proses pelaksanaan Serdos 2011 diberitahukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Akun DYS dan penilai persepsional dapat dibagikan secara hirarki dengan berita acara BA.A-1 mulai tanggal 12 Juli 2011
  2. Melaksanakan sosialisasi mengenai proses/ teknis pelaksanaan Serdos online di tingkat Fakultas/ Jurusan/ Bagian/ Prodi
  3. Pelaksanaan penyusunan Portofolio online s/d. tanggal 30 Juli 2011
  4. Dekrispsi Diri (P.V) dan CV DYS wajib mendapatkan persetujuan dari Asesor pendamping internal masing-masing DYS sebelum proses upload dan divalidasi
  5. Lembar Pengesahan Dokumen Portofolio Serdos baru dapat diunduh oleh DYS setelah Deskripsi Diri DYS diupload dan divalidasi
  6. Lembar Pengesahan pada poin 5 setelah ditandatangani oleh DYS dan Pimpinan Fakultas/ Jurusan/ Bagian dikumpulkan secara kolektif oleh Fakultas dan dikirim ke Bagian Kepegawaian paling lambat tanggal 22 Juli 2011 untuk proses pengesahan Rektor
  7. Lembar Pengesahan yang telah disahkan oleh Rektor akan dikembalikan ke Fakultas masing-masing untuk proses scanning dalam format .jpg  dan diupload ke sistem oleh DYS
  8. Pelaksanaan penilaian Deskripsi Diri di PTPS s/d. tanggal 5 Agustus 2011

Penambahan Menu Baru Pada Isian Curriculum Vittae (CV) Diberitahukan bahwa ada penambahan 3 menu baru dalam pengisian Curriculum Vittae (CV), yaitu :

  1. RIWAYAT PENGABDIAN (Riwayat Pengabdian Kepada Masyarakat)
  2. RIWAYAT JABATAN (Riwayat Jabatan Dalam Pengelolaan Institusi)
  3. PERAN BID. MAWA (Riwayat Peran Dalam Kegiatan Kemahasiswaan)

Kepada para peserta serdos (DYS) dimohon segera melengkapi menu CV tersebut dan untuk penyusunan portofolio online harus sudah lengkap paling lambat tanggal 30 Juli 2011 Pengumuman Hasil Penilaian Sertifikasi Dosen Tahun 2011 Diberitahukan kepada peserta Serdos dengan status PERLU VERIFIKASI pada Gelombang 1 dan peserta Serdos Gelombang 2 Tahun 2011 di lingkungan Universitas Sebelas Maret, bahwa Pengumuman Kelulusan dapat dilihat oleh masing-masing DYS melalui menu Hasil Penilaian Sertifikasi Dosen dengan akun masing-masing DYS pada laman http://serdos.dikti.go.id

INFORMASI TENTANG KELULUSAN SERTIFIKASI DOSEN TAHUN 2011

  1. Yudisium kelulusan DYS tahun 2011 dilaksanakan dua kali.
  2. Yudisium kelulusan pertama yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2011 menghasilkan keputusan bahwa ada sebagian DYS yang perlu verifikasi lebih lanjut.
  3. Verifikasi dilakukan melalui klarifikasi PTU, reverifikasi triangulasi antara PTPS, asesor ahli bahasa, dan asesor terpilih.
  4. Hasil verifikasi digunakan untuk penetapan kelulusan pada yudisium kedua yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2011.
  5. Hasil yudisium kedua merupakan yudisium final yang meliputi serdos gelombang I dan gelombang II.
  6. Hasil yudisium kedua yang menetapkan bahwa DYS belum lulus tahun 2010 akan tetapi diikutsertakan dalam penilaian serdos 2011, dan dinyatakan lulus pada yudisum pertama, maka berdasarkan Permendiknas No.47 Tahun 2009 Pasal 4 Ayat (2), keikutsertan DYS tersebut dinyatakan batal.

Demikian untuk menjadi perhatian. Surakarta, 19 November 2011 ttd PSD UNS